my google

Minggu, 02 April 2017

Sinopsis dan Maksud dari Film Inception


Teman-teman yang masih bingung dengan maksud dari film Inception di tambah lagi dengan ending yang cukup ambigu apakah Cobb masih berada di alam mimpi setelah endingnya? Mari kita bahas bersama-sama.

Tapi bagi yang belum nonton, silahkan tonton disini LINK

Film inception adalah film yang menceritakan mengenai orang yang mampu masuk ke dalam mimpi seseorang baik untuk melakukan pencurian ataupun melakukan yang lebih rumit lagi yaitu Inseption (Memasukan gagasan kita ke dalam mimpi seseorang sehingga akan di terapkan di dunia nyata).

Cobb bersama dengan temannya Arthur adalah orang yang ahli masuk kedalam mimpi seseorang dan melakukan pencurian data. Target pertama mereka dalam film adalah Saito, namun aksi mereka gagal karena Saito memiliki pertahan bawah sadar yang sangat kuat di tambah lagi masalah Cobb mengenai mendiang istrinya Mal membuat kacau keadaan. Untuk mengamankan diri, mereka mencoba kabur namun lokasi mereka di ketahui oleh Saito dan akhirnya memaksa mereka membuat perjanjian baru dengan Saito yaitu melakukan Inception kepada seorang pewaris perusahaan energi yang bernama Robert Fischer Jr agar mau membagi perusahaan yang di wariskan kepadanya.

Untuk melakukan perjanjian baru Cobb membutuhkan banyak rekan kerja yaitu :
1. Ariadne 
Berfungsi sebagai arsitek dalam mimpi agar mimpi benar-benar terlihat nyata, Cobb tidak bisa lagi menjadi arsitek karena pengaruh alam bawah sadar mengenai istrinya Mal akan mempengaruhi operasi yang akan berjalan. 
2. Eames
Berfungsi sebagai penyamar untuk bisa mengelabuhi orang dengan perubahan bentuknya
3. Yusuf
Berfungsi sebagai ahli kimia pembuat obat tidur yang akan membuat orang tidur lebih lama

Dalam operasinya Cobb berencana akan masuk kedalam 3 level mimpi namun kenyataannya dia masuk kedalam 5 level mimpi. Di alam mimpi mereka semua sudah membuat kesepakatan waktu untuk melakukan kejutan yang akan membuat semua orang terbangun sesuai dengan waktu yang dinginkan. Waktu itu di tunjukkan dengan memutar musik pada orang yang sedang di masuki mimpinya.

Level 1 (Mimpi Yusuf)
Dalam mimpi ini Cobb dan kawan-kawan akan menculik Robert dengan tujuan agar Robert memberikan nomor berangkas yang terbersit dalam pikirannya, nomor itu akan di jadikan patokan untuk mimpi level yang ketiga. Dia dibuat seolah-olah di culik bersama dengan Browning. Dalam penculikan mereka di halangi oleh pasukan bersenjata yang muncul akibat pertahan bawah sadar dari Robert. Namun dalam mimpi ini Saito terluka dan keadaannya kritis. Jika orang-orang yang ada dalam mimpi tersebut tewas lebih awal maka dia akan terjebak dalam keadaan limbo yaitu terjebak dalam mimpi yang lebih dalam lagi karena tidak bisa bangun akibat pengaruh obat tidur yang sangat kuat, hal ini dapat merusak otak dan ingatan orang tersebut.

Level 2 (Mimpi Arthur)
Dalam mimpi ini Cobb bertujuan untuk meyakinkan Robert bahwa dia berada di dalam alam mimpi akibat ulah dari Browning yang mencoba untuk mengambil isi brangkas yang di tinggalkan oleh mendiang ayahnya. kembali aksi mereka di halangi oleh pasukan bersenjata. Robert percaya hal itu sehingga dia mau masuk kedalam alam mimpinya untuk mengetahui apa isi brangkas dan maksud kata-kata terakhir dari ayahnya itu. Namun yang dimasukinya bukanlah alam mimpinya melainkan alam mimpi Eames.

Level 3 (Mimpi Eames)
Dalam mimpi ini Cobb bersama kawan-kawan membantu Robert untuk masuk dalam sebuah markas untuk bertemu dengan ayahnya. Tujuan dari mimpi ini adalah merubah persepsi Robert terhadap ayahnya sehingga nanti di dunia nyata dia bisa mengambil kebijakan yang di inginkan oleh Saito. Dalam aksinya mereka berhadapan dengan pasukan yang lebih kuat lagi karena level mimpi yang semakin tinggi. Aksi mereka menjadi kacau karena kemunculan Mal yang membunuh Robert. Akhirnya Robert berhasil di bangunkan sehingga misi berhasil di laksanakan. Namun Saito dalam level ini tewas dan masuk ke dalam limbo.

Level 4 (Mimpi Cobb)
Atas saran dari Ariadne, Cobb, Ariadne dan Robert masuk kedalam mimpi level 4 untuk menghidupkan kembali Robert yang di level tiga sedang mati klinis. Dalam level ini Cobb harus meyakinkan Mal untuk bisa membebaskan Robert (Sebenarnya meyakinkan dirinya sendiri atas rasa bersalahnya terhadap istrinya karena telah melakukan inception terhadap istrinya sehingga membuat istrinya bunuh diri akibat dirinya tidak terima berada di dunia nyata.) Sedangkan Ariadne membangunkan Robert untuk kembali ke mimpi level 3.

Level 5 (Mimpi Saito)
Mimpi ini bertujuan untuk mengajak Saito yang terjebak di limbo untuk kembali ke dunia nyata. Ternyata Saito selama ini sudah terjebak di limbo selama 50 tahun dan menunggu Cobb datang menjemputnya. Dengan ingatanya yang sudah mulai pudar Saito tua kembali diingatkan bahwa dunia yang di jalani saat ini adalah mimpi. Karena ini adalah mimpi Saito dengan bunuh dirinya Saito maka akan membangunkan Cobb dan Saito ke dunia nyata.

Setelah terbangun, Cobb tersadar bahwa dirinya berada di atas pesawat dan di jemput oleh ayahnya untuk bertemu dengan anak-anaknya. Kondisi Cobb yang merupakan buronan karena telah di fitnah oleh istrinya untuk bisa mengajak Cobb bunuh diri bersama sehingga dia tidak bisa bertemu dengan anak-anaknya, telah di hapus oleh Saito yang menepati janjinya. Sebelum bertemu anak-anaknya Cobb memutar totem untuk mengetahui apakah dia ada di dunia nyata ataukah berada di dunia mimpi. Tapi sayang sebelum totem berhenti film ini sudah di hentikan dulu oleh sutradaranya ini yang membuat akhir ceritanya menjadi ambigu (Pinter). 

Tapi percayalah Cobb benar-benar berada di dunia nyata banyak hal yang membuktikan hal tersebut diantaranya :

1. Saat anak perempuan Cobb di panggil oleh kakeknya dia menoleh kearah Cobb dan Cobb dapat melihat wajah anak-anaknya dan memeluknya yang tidak bisa dia lakukan di setiap mimpi-mimpinya. Sehingga totem yang dia putar sudah tidak penting lagi.

2. Totem yang di putar sebelum film berakhir gerakan terakhirnya tidak stabil terlihat mengalami perubahan kecepatan. Tidak seperti totem yang di putar oleh Saito tua yang putarannya tetap stabil.

3. Ini adalah bukti yang di berikan oleh sutradaranya untuk penonton yang benar-benar jeli (Infonya ane dapet dari blog sebelah) yang tidak di tampilkan secara gamlang di dalam film yaitu "CINCIN KAWIN" di dunia nyata Cobb tidak pernah menggunakan cincin kawin namun di alam mimpi Cobb selalu menggunakan cincin kawinnya karena di dalam mimpinya istrinya masih ada bersamanya.
 Cobb di alam mimpi
 Cobb Di dunia nyata

Demikian sinopsis dan maksud dari film Inception yang bisa saya tangkap. Mudahan bisa membuat jelas bagi temen-temen yang masih bingung. Dan jangan tanya pada saya bagaimana cara kita bisa masuk kedalam mimpi orang lain. Terima kasih.

29 komentar :

  1. Mantap sangat membanru sinopsisnya

    BalasHapus
  2. saya pikir ini penjelasan yg paling lengkap dan sangat membantu

    BalasHapus
  3. Rekomen banget bagi yg cuka film genre fantasi

    BalasHapus
  4. Akhirnya bisa tidur juga.. zzzzz

    BalasHapus
  5. Makasih banyak ya...
    Pertama kali pas selesai nonton film ini aku takut bgt kalo nih film bakal sad ending... Tapi akhirnya ada yg njelasin kalo mimpi itu dah berakhir...
    Review ini sangat membantu buat ngonfirmasi endingnya deh πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  6. Saya masih ambigu dgn orang2 yg ada dalam misi itu sebenarnya siapa anggota2 tim tsb..kenapa di bagian ending seperti antara kenal tidak kenal, tapi 1hal yg meyakini ending bukan mimpi mmg krn putarannya yg wlwpun tdk diperlihatkan berhenti,tp trlihat dan trdengar mulai tidak stabil seperti biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang pura2 tidak kenal pas dlm pesawat biar si fischer jr, ga curiga, mreka kan ada misi

      Hapus
  7. Astaga baru kali ini nonton film, abis itu baca sinopsis lengkap nya ,baru itu jadi paham ceritanya.

    BalasHapus
  8. Masih bingung 1 hal, gimana caranya cobb bisa masuk ke mimpi saito ??

    BalasHapus
  9. Gw udah nonton 2 kali aja masih bingung anjir wkwkwkk

    BalasHapus
  10. Ni lagi nonton. Nonton lagi. Lagi dan lagi sampai gila. Wkwkwk. Setelah 9tahun akhirnya ku paham berkat baca sinopsis ini.. Penjelasannya pun gak belibet. Thx.

    BalasHapus
  11. Siapa yang baru habis nonton di trans tv?? Hahahaha... Udah lama banget nontonnya dulu udah paham, krn udah lama banget jadi sampai kesini deh krn gk nnton dr awal pas d trans tv. Ini film keren dan mahal idenye sama seperti film sutter island. Mengajak penonton berfikir setelah nonton..

    BalasHapus
  12. masalahmya si mal itu apa sebenernya? saya masih ga ngerti sama si Mal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jdi gini gan sejarahnya... Cobb dan Mal ingin mempelajari konsep Inseption sehingga mereka masuk sangat dalam di mimpi (mimpi did mimpi dst) TANPA TOTEM.... Sehingga ketika mau balik ke atas.. pikiran sudah pada batasnya.. mereka pikir dunia nyata tpi ternyata masih didalam mimpi...

      Hapus
    2. Mal berpikir kalo disitu (di dalam mimpi) adalah dunia nyata dn gk mau balik (mati) meskipun Cobb bersikeras mengajaknya... Hingga suatu saat Cobb punya solusi... Yaitu memberi Mal Inseption dengan sebuah ide >>"ini dunia mimpi, jika ingin kembali ke dunia nyata, kematian jalan satu-satunya"<<

      Hapus
    3. Sehingga menghasilkan Mal mau balik ke atas karena sebuah ide itu... Tetapi saat sudah sampai Dunia Nyata.. Ide itu tidak hilang.. Mal masih berpikir kalo Dunia itu adalah Dunia Mimpi... BELUM DICIPTAKAN TOTEM... Berpegang dengan ide inseptionnya dia loncat dari gedung... Mal yang di temui Cobb dan Teamnya adalah Proyeksi Mal (imajinasi dan ingatan dari Cobb karena merasa bersalah memberinya Inseption).... Kemudian Cobb membuat suatu Totem yg berguna untuk membedakan Real dan Dream

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  13. masya allah langsung dibales..makasih ya pak infonya..bener2 bisa tidur nyenyak saya skr..

    BalasHapus
  14. Gan Eyes of God, mau koreksi dengan sudut pandang Ane..
    Ane baru nonton film ini. Keren banget. Mahal ide cerita nya. Buat penonton berpikir.

    Habis Ane baca penjabaran Agan , Ane jadi lebih clear beberapa hal yg ragu.

    Cuma ara bbrp hal yg ane mau koreksi agar cerita menarik ini semakin menarik :)

    Sebenernya TOTEM sudah ada saat momen si mal mau bunuh diri. Mal nya aja yang kemakan mimpi ( bisa dibilang jadi korban nya Dom). Setelah tau betapa enak hidup di alam mimpi karena semua bisa diatur dan bibuat sesuka nya. Setelah balik ke kehidupan nyata, Si Mal gk terima dengan kondisi kehidupan nyata. Akhirnya Mal stress(tergila2 dengan kehidupan mimpi) & MAKSA si Dom untuk balik ke dunia Mimpi selamanya (sengaja bikin limbo) dan ngancem bunuh diri bila Dom gk mau.
    Dom sudah terlanjur terlambat untuk menyadari & memperbaiki otak nya si Mal , dan tragis! bunuh diri lah si Mal karena Dom bersikeras mau mempertahankan Mal utk stay dikehidupan nyata untuk anak2 mereka.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Gan Ane Mau nambahin, karena saking menariknya Film Ini.

    Menurut Ane, complicated nya Misi tim Dom juga disebabkah oleh Dom Sendiri.

    Ingat adegan yg tiba2 ada kereta api nabrak saat Mereka saling share mimpi di pesawat bersama fescher? Itu adalah gangguan dari alam sadar nya Dom yg tidak terkontrol karena rasa bersalahnya Dom terhadap kematian istri nya Mal.


    Kemudian yang Mimpi Level 4 & 5 (ide dari Ariadne, stelah Fischer ditembak Mal) ini sebenarnya juga karena ulah gangguan alam bawah sadarnya Dom. (Alam bawah sadar tidak bs dikontrol oleh siapapun trmasuk yg punya alam bawah sadar tsb) sehingga tiba2 masuk sendiri take action dimana intinya adalah alam sadarnya DOM sendiri masih ada keinginan untuk hidup di Dunia Mimpi saja.
    Jadi alam bawah sadar Dom ini membuat obstacle2 agar Tim Dom Gagal

    Mimpi = masuk ke alam bawah sadar =keinginan2 manusia yg tdk tercapai bisa keluar dengan sendirinya. Jadi inti masalahnya adalah si DOM ini BELUM SEPENUHNYA IKHLAS HIDUP DI DUNIA NYATA.
    Sehingga ada aja halangan yg muncul dari alam bawah nya DOM
    ,dimana berkeinginan untuk hidup di Dunia mimpi Bersama Mal. (inget di di dunia mimpi yg punya peran adalah si pemimpi + alam bawah sadar/desire tersmbunyi /terpendam)

    Sahingga di mimpi level 4 & 5 ini controlnya sudah ada di DOM. Untungnya adriadne bisa improvisasi memberi dorongan dan ketegasan kepada Dom agar bisa ikhlas dan berdamai dengan masa lalunya. Adriadne mengambil improvisasi penting saat menembak Mal yang ada di dalam Mimpi Dom. Di Ending nya semua control sudah ada Di DOM, dia berhasil tegas dengan dirinya untuk ikhlas sama Mal.

    Ane yg gk ngerti bagaimana bisa tiba2 si Dom bisa langsung terkoneksi sama saito yg sudah berada di Limbo nya Saito. Aneh juga lihat saito yg sudah 50 tahun.
    Apakah karena semata2 si Dom ahlinya masuk mimpi orang, ada penjelasan logic lainya nya gk Gan?

    Kl gk salah limbo hubunganya dengan alam bawah sadar kan ya? Apakah Mungkin ketakutanya si Saito (alam bawah sadar) take control dan dan Membuat saito berwajah Tua.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Dan yang paling menarik film luar biasa ini adalah endingnya!



    Akhirnya Dom benar2 berada di posisi Antara berada di dalam mimpi atau kenyataan?!

    Namun endingnya ini menceritakan sebuah MIMPI yang menjadi KENYATAAN :)


    TOTEM yg berputar, trus menunjukan pergerakan tidak stabil kayak mau stop juga sudah menjadi sebuah KODE, kalo terkadang kita manusia saat meraih impian nya bahagia antara percaya atau tidak percaya ini mimpi atau kenyataan..


    Great Movie.. Good nite. Have a nice dream ;p

    BalasHapus