my google

Minggu, 19 Maret 2017

Sinopsis dan Maksud Film Momento (2000)



Film Momento adalah salah satu film yang cukup susah untuk di cerna karena film ini mengambil alur mundur. Otak kita harus dipaksa untuk mengingat kisah film yang telah kita tonton sebelumnya untuk bisa mengerti jalan film yang saat ini kita nikmati. Untuk temen-temen yang masih susah mencerna maksud dari film ini disini akan saya bahas maksud dari film Momento menurut kaca mata pemahaman saya.

Film ini menceritakan sebuah perjalanan hidup seorang yang bernama Leonard, seorang yang mengalami penyakit anterograde amnesia  yaitu seorang yang mengalami gangguan ingatan sehingga dia hanya dapat mengingat sebuah peristiwa dalam jangka waktu pendek. Tujuan hidupnya adalah membunuh seseorang yang telah membunuh istrinya dan membuat dia mengalami penyakit tersebut. Nama pembunuh itu adalah John G.

Guna membantu penyelidikan dan pencariannya dia harus di bekali oleh banyak catatan dan foto-foto untuk membantunya mengingat di saat ingatannya hilang. Bahkan dia harus mengambil banyak foto untuk membantu dia mengenal orang-orang yang berinteraksi dengan dirinya.

Sebenarnya orang yang dia cari yaitu John G telah berhasil dia temukan dan dia bunuh di ruang bawah tanah berkat bantuan seorang polisi bernama Teddy, kejadian ini sebenarnya merupakan awal dari film ini tapi sutradara meletakannya di akhir film (Maklum karena alur ceritanya mundur sih....) Setelah membunuh John G polisi yang membantunya menjelaskan padanya bahwa John G tidak lah membunuh istrinya karena istrinya itu selamat dari kejadian itu, tapi istrinya meninggal karena dia mencoba melakukan percobaan terhadap Leonard yang mengalami masalah ingatan, kejadian itu terjadi sama percis seperti kejadian yang di alami klien asuransinya yang istrinya tewas karena overdosis insulin. Kejadian itu sebenarnya adalah kejadian yang di alami Leonard yang ingatan itu di tutupi sendiri oleh dirinya dengan membangun ingatan baru yang menurut dirinya benar. Polisi itu adalah orang yang ditugaskan untuk menyelidiki kasus penyerangan dirinya beserta istrinya.

Karena tidak menerima penjelasan dari polisi tersebut dan merasa dirinya telah di manfaatkan oleh polisi itu untuk mendapatkan uang haram yang di bawa oleh John G yang telah dia bunuh, maka Leonard mulai melakukan penyelidikan sendiri terhadap polisi itu, dan mulai tidak mempercayai polisi itu. Dia mulai memasang polisi itu sebagai targetnya. Dengan memasang plat nomor polisi itu sebagai orang yang dia incar.

 Dalam penyelidikannya dia memakai jas yang di gunakan oleh John G dan kendaraannya juga, ini akan mengundang seorang perempuan yang bernama Natalie, Natalie adalah pacar dari John G yang telah dia bunuh. Setelah kepergian John G, Natalie mengalami masalah dengan seorang yang bernama Todd yang merupakan bandar narkoba yang merasa tertipu karena uangnya telah di bawa oleh John G dan saat ini lenyap. Natalie tau kalo John G telah di tipu oleh polisi yang bernama Teddy dan menggunakan Leonard yang lupa ingatan untuk menyingkirkan John G. Dengan cara yang sama Natalie pun melakukan balas dendam dan menghilangkan masalahnya dengan memanfaatkan Leonard. Pertama Natalie menceritakan keberadaan uang itu ada di Leonard sehingga Todd mengerjar Leonard namun malahan dia yang berhasil di singkirkan oleh Leonard, Selanjutnya Giliran Natalie memberikan bukti pada Leonard mengenai nama asli dari Si polisi yang bernama Teddy dan ternyata nama asli Teddy yaitu John Edward Gammell dan setelah di cocokan dengan data-data yang telah dia susun maka Teddy sangat cocok sebagai orang yang dia cari dan akhirnya Teddy pun dibunuh oleh Leonard sebelum dia sempat menunjukkan mayat John G yang telah Leonard bunuh sebelumnya.

Begitulah maksud dari film Momento yang bisa saya tangkap maksudnya. Sungguh tidak bisa di bayangkan bagaimana kita bisa menjalankan hidup dengan menderita penyakit itu, kadang catatan yang kita buat bisa menipu kita jika kita buat dengan emosi dan pikiran yang tidak jernih. Begitulah yang terjadi pada Leonard orang yang telah menyebabkan kematian istrinya dan tidak mau menerimanya dan membuat ingatan baru seolah-olah istrinya telah di bunuh oleh Jhon G dan mengincar orang itu dengan sedikit bukti dan catatan-catatan yang bisa salah di artikan.

Tanpa Ingatan dan Pikiran Manusia adalah sebuah mesin yang sangat mudah di peralat dan di gerakkan. Jadi sebelum berbuat Pikirlah masak-masak, dan ingatan adalah sebuah anugrah yang kita miliki untuk mengetahui kalo berbuatan yang kita lakukan itu salah atau benar.

Terima Kasih.

25 komentar :

  1. Wow..wow...woww..
    Kynya kita jodoh gan...
    Link facebook?
    Pling tdk ada teman nyurhatin film 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Wah, intinya teddy memanfaatkan leonard. Dan natalie juga meanfaatkannya untuk menyingkirkan teddy. Oke, thanks suhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Natalie ga memanfaatkan untuk mnyingkirkan teddy,, tp lenny sendiri lah yg pengen teddy jadi sasaran berikutnya... lewat teka teki yg lenny buat sendiri,, dengan menulis fakta palsu untuk dirinya sendiri... karena ga terima dengan kenyataan yg dijelaskan teddy,, dia menolak kenyataan itu...

      Hapus
    2. Natali sebenernya dikejar todd, karena uang todd dibawa oleh jimy (pacar natali) nah natali karena tw si lenny make mobil dan pakaian pacarnya, dia manfaatin lenny buat nyingkirin si todd... dan lenny minta tolong juga buat cari identitas si John G... klo ada keliru silahkan dikoreksi atau kalau kurang silahkan ditambahkan... semoga mencerahkan

      Hapus
  3. Setelah mengetahui penjelasan dari film ini aku kaya kurang puas dengan endingnya. Karena sang tokoh utama ternyata salah paham dan yg selama ini salah adalah dirinya sendiri. Tapi btw terima kasih atas penjelasannya jadi makin ngerti.

    BalasHapus
  4. PADA SALAH SEMUANYA!!!

    COBA LIHAT PADA MENIT MENIT TERAKHIR, ADEGAN KETIKA SI LENNY LAGI NAIK MOBIL, MENUJU... SEBELUM SAMPE KE TUKANG TATTO.

    PERHATIKAN BAIK BAIK, JANGAN BERKEDIP!
    ADA POTONGAN ADEGAN YG MENUNJUKKAN BHW ISTRINYA MASIH HIDUP, DIA LAGI REBAHAN AMA SI LENNY, DISITU DITUNJUKKAN BHW ISTRINYA LAGI LIATIN TATO SI LENNY DI DADA KIRINYA: "I HAVE DONE".

    HARUSNYA ADA LANJUTAN LAGI NIH FILM SI...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi maksudnya istrinya belum mati? Terus buat apa dia cari pembuktian?

      Hapus
    2. Itu lah dibuat pembedaan scene hitam putih dan warna oleh sutradara,
      Yang kita lihat istri nya rebahan itu masa lalu nya, yang menunjukan bahwa istri nya tidak mati dibunuh, melainkan mati memang karna insulin,, bukan istrinya masih hidup, penjelasan artikel diatas memang sudah pas,

      Hapus
    3. Saya setuju dengan komentar ini.
      Kalau menurut saya. Kenapa lenny tetap cari pembuktian bahwa istrinya meninggal Tapi pada akhirnya ada tato i've done it di akhir scene. Ya Karena lenny punya masalah lupa ingatan. Dan meyakini bahwa istrinya mati.

      Kamu bisa lihat scene pas lenny disuruh bunuh suaminya natali. Disitu ada scene yang menampilkan istrinya lenny yang sedang cemas kan?
      Cemas karena si lenny punya penyakit hilang ingatan dan mengejar bukti2 tersebut.

      Nah jadi kesimpulannya si lenny itu mentato tulisan i've done it tersebut biat dia ga lupa bahwa istrinya masih hidup dan dia sudah menyelesaikan kasusnya.

      Hapus
    4. Klo menurutku adegan yg rebahan itu masa lalu nya , karna sudah dijelaskan oleh teddy di akhir klo istri lenny selamat dari kejadian perkosaan itu dan pelakunya sudah dibunuh oleh lenny setahun yg lalu , cuma karna lenny punya masalah dengan ingatannya ia merasa bahwa pelakunya masih hidup dan ia kesal dimanfaatkan oleh teddy untuk bunuh jimmy maka nya ia bunuh teddy juga

      Hapus
  5. Jadi makin error setelah membaca semua komentar yg ada di sini hahahaahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy jadi masih bingung, cek Ke sini krn pemerannya Guy Pierce he heehee

      Hapus
    2. Nyesel gw baca komen disini

      Hapus
  6. Njirr jadi makin gk ngerti karna baca koment kalian semua kkwwkwwk

    BalasHapus
  7. 1. Istri lenny sudah mati, teddy menceritakan soal overdosis insulin yg dialami
    2. Lenny sudah bunuh para penyerangnya setahun lalu
    3. Nama 'John G' adl rekayasa teddy agar lenny menargetkan drug dealer pacar natalie. Teddy adl polisi korup yg mau ambil uang john G.
    4. Natalie balik memanfaatkan lenny utk menargetkan teddy, dg menyuplai informasi identitas asli teddy (jimmie gammel)
    5. Udah gitu aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya saya setuju yang ini deh... hahaha Film yang bikin bingung tapi penasaran. emang gila nih film .

      Hapus
  8. 1. Istri lenny masih hidup pas diperkosa
    2. Trus lenny udh ngebunuh para bajingan yg memperkosa istrinya bukti ada foto lenny berlumuran darah
    3. Istri Leonard (lenny) sebenarnya mati kerena suntikan insulin dr lenny
    4. Si teddy ternyata manfaatin lenny buat bunuh si boss narkoba demi uang atau demi nangkap boss tsb
    5. Abistuh lenny balek lagi abis ngebunuh si boss narkoba, kemudian si natali manfaatin si leonard buat ngebunuh si teddy karena natali dan pacarnya mau ngambil uang si bandar narkoba tersebut dr siteddy, nah dipalsukan lah identitas si teddy jd si Jhon G yang asli
    5. Adegan balek ke awal ketika si teddy diajak lagi ke oabrik bekas buat ngebunuh si teddy.
    6. Adegan natali kasih lokasi untuk membunuh teddy supaya natalie bisa tau dimana uang itu berada

    Ahhhhh segitu mampu otaku, sulit emg dipahami nih film, setiap org punya perspektif berbeda dari film ini, salut sama kristoper nolan

    BalasHapus