my google

Selasa, 14 Maret 2017

Sinopsis dan Maksud Film Shutter Island



Teman-teman sudah menonton film Shutter Island bukan? Bingung bagaimana maksud ceritanya, mari kita bahas bersama-sama. Saya tidak akan membahas ceritanya dari awal hingga akhir karena bagian awalnya memang di ciptakan untuk membuat kita bertanya-tanya dan penasaran apa maksud dari film ini tapi di akhir cerita semua di jelaskan dengan sangat gamblang. Jadi saya akan putar balik ceritanya dari akhir ke awal untuk membuat teman-teman lebih paham maksud dari film ini.

Film ini mengisahkan seorang mantan tentara dan marshal (detektif) yang karirnya sangat cemerlang. Tapi dia mengalami penyakit kejiwaan sangat buruk yaitu mengalami Delusi yang sangat berat, hal ini di sebabkan oleh istrinya yang telah membunuh ketiga anaknya dengan cara di tenggelamkan, istrinya mengalami masalah gangguan otak sehingga menjadi depresi dan membunuh anaknya. Karena itulah dia membunuh istrinya dan akhirnya masuk kedalam penjara rumah sakit jiwa Achacliffe yang ada di shutter island. Karena statusnya yang merupakan mantan tentara dan detektif membuat dia adalah pasien yang paling berbahaya di RS itu.

Dia masuk ke RS itu karena dia tidak mengaku telah membunuh istrinya dan malah membuat sebuah hayalan berfantasi (Delusi) menjadi seorang detektif yang di tugaskan untuk mencari pasien yang hilang dari penjara rumah sakit jiwa (tempat dia di rawat selama 2 tahun) pasien itu bernama Rachel Solando yang sebenarnya adalah seorang perawat yang merawat dirinya. Disamping itu dia juga mencari pasien ke 67 yang bernama Andrew Laeddis yang sebenarnya adalah dirinya sendiri. Andrew Laeddis adalah orang yang di dalam hayalannya adalah orang yang bertanggung jawab atas pembakaran apartemennya dan menewaskan keluarganya. Dalam delusinya mencari pasien yang hilang, dia malah menemukan info bahwa rumah sakit itu telah melakukan percobaan yang sangat buruk terhadap pasiennya. Ia ingin membongkar semuanya agar RS ini bisa di tutup.

Dalam penyelidikannya dia memakai nama Teddy Danil dan di bantu oleh rekan kerjanya yang bernama Aule (yang sebenarnya adalah dokter terapisnya yaitu dr Sherhan) semua kegiatan penyelidikannya yang dia lakukan bersama dengan rekannya adalah delusi yang dia ciptakan dari penyelidikan, badai selama penyelidikan dan bertemunya dia dengan Rechel Solando yang asli di gua adalah sebuah ilusi yang dia telah ciptakan. Hasil penyelidikan membuat dia semakin tidak percaya dengan semua orang yang ada di RS itu, dan pada akhirnya penyelidikannya akan berakhir di sebuah merjusuar yang dia anggap sebagai tempat dilakukannya praktek operasi rahasia terhadap pasien-pasien disana.

Sesampainya disana dia dijelaskan oleh dokter siapa dirinya yang sebenarnya, hal ini telah terus dilakukan berulang-ulang kali selama 2 tahun dia berada di RS. Dokter sudah berupaya penuh untuk membuat dia berada pada tingkat kesadaran penuh karena komite rumah sakit akan melakukan tidakan yang tegas yaitu melakukan sutikan mati pada dirinya jika selama 2 tahun ini dia tidak mengalami peningkatan statusnya. Karena dia adalah pasien yang sangat berbahaya dan telah banyak melukai pegawai dan pasien lain selama dia mengalami delusi. Salah satu pasien yang terluka karenanya adalah George Noyce yang dia temui di bangsal C. Dokter menjalankan perannya mengikuti delusinya karena ini adalah delusinya yang terakhir jika gagal dia akan segera di eksekusi. Setelah kejadian di merjusuar dia mengalami tingkat kesadaran penuh dan menyadari siapa dirinya yang sebenarnya tapi dokter masih meragukan kesadarannya karena hal ini pernah terjadi 9 bulan yang lalu dan akhirnya berulang kebali lagi mengalami delusi seperti film yang di putar terus menerus dengan hasil akhir yang sama.

Akhirnya di hari eksekusi rekannya dr Sherhan mencoba menanyakan padanya mengenai apa yang dia rencanakan hari ini pertanyaan itu untuk mengetahui tingkat kesadarannya dan dia kembali menjawab dengan nada detektif seolah-olah memulai delusinya dari awal. dr Sherhan memberi isyarat kalo dia belum mengalami kesembuhan. Tapi ada kata-kata dari dia yang membuat dr Sherhan terkaget yaitu 

"Dari pada hidup menjadi monster lebih baik mati menjadi orang baik"

Dari kalimat itu saya menarik kesimpulan kalo dia sudah mengalami kesembuhan tapi siap untuk mati untuk mencegah dia mengalami delusi kembali dan menjadi monster yang di takutkan di RS itu.

Demikian maksud dari film Shutter Island berdasarkan pemahaman saya. Jika temen-temen ada pemahaman berbeda silahkan tulis di bagian komentar. Terima Kasih.

118 komentar :

  1. Salah
    Jadi intinya semua yang di alami teddy adalah rekayasa yg di buat oleh pihak shuter island.
    Agar kedzaliman yg ada di shuter island tidak terpublikasikan Karena datangnya teddy ke shuter island tidak lain untuk mengungkap yg ada di dalamnya.
    Kebeneran di film ini adalah yg di katakan rachel salando ketika teddy bertemunya di dalam gua

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlalu sederhana kalo gitu kesimpulannya

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat Alfan HIdayat di atas. Shuter island adalah sebuah Rumah Sakit jiwa yg berada di Pulau yg sangat terpencil. nah leo (teddy) disini datang kepulau tersebut mmg untuk menyelidiki kebenaran dari kisah sadis pulau tersebut. cerdasnya pihak Rumah Sakit jiwa tersebut memasangkan detektif Leo dengan orang2 dirumah sakit jiwa terbeut. dari awal perjalanan kepulau detektif leo telah di beri suatu ZAT yg dicampur dalam rokok si leo.. efeknya mmg bisa menimbulkan kegelisahan dan halusinasi.. okk breakk dluu.. lanjut hehe... terus dengan obat aspirin yg telah dicampur dan sering dikonsumsi leo, leo akhirnya mengalami suatu fase dimana apa yg di ucapkan oleh Dokter rumah sakit kepda leo ttg pembunuhan istrinya menjadi kenyataan.. intinya efek dari rokok dan obat2n yg diberikan untuk merusak saraf normal leo agar berhenti menyelidiki krumah sakit jiwa terbut.. begitu dehh ... mungkin ada yg lain..heheh

      Hapus
    3. Pertemuan dengan rachel salando di gua itu delusi, hayalanya si teddy

      Hapus
    4. Setujuu! Karena kalo berpikir dia gila dan mengidap penyakir, berarti kita kebawa alur cerita filmnya yang bener2 menggambarkan kalo dia itu gila. Padahal sebenernya dia adalah marshal yg ingin mengungkap kebenaran dan dicoba di tanamkan pikiran2 baru sthl menjalani hari di sana lewat obat2 pil makanan minuman dll

      Hapus
    5. Saya sepemikiran dengan Admin... Awalnya saya berpikiran seperti pendapat Alfan Hidayat,tapi setelah putar film sampai 5X baru dapat menyimpulkan seperti tulisan Admin diatas

      Hapus
    6. Saya sepemikiran dengan Admin... Awalnya saya berpikiran seperti pendapat Alfan Hidayat,tapi setelah putar film sampai 5X baru dapat menyimpulkan seperti tulisan Admin diatas

      Hapus
    7. Intinya apa yg disampein si admin itu yang bener,, si alfan hidayat modal sotoy doang

      Hapus
    8. Terlalu dangkal kalau hanya seperti itu, sementara banyak pesan ekspilisif yang perlu di pecahkan.. apalagi plot akhir film ada 2.. apakah dia sembuh atau memang benar seperti yg di katakan di atas.

      Hapus
    9. Awalnya sy berpikiran sm kym sampeyan.. Tp klu dgr penjelasan admin lbh masuk akal sih.. Cuma yg buat sy aneh delusi yg ia alami segitu kompleks nya kah sampe dy harus berdelusi ketemu solando d gowa yg di perankan sama perawat.. Apa dy itu benar bertemu betul dgn solando (perawat) d goa asli ato itu cuma delusi nya berada dalam goa..

      Hapus
    10. Tolong jangan goblok dong.. Maksud film aja gak ngerti..

      Hapus
    11. saya setuju dngan teori alfan hidayat, cuma ada 1 karakter yang tidak ada saat akhir cerita yaitu solando yg ada di goa (solando yg digoa berbeda dngan solando yg jadi perawat saat akhir cerita)

      Hapus
    12. wah kalau ikut kesimpulan ente, bisa ikut gila, yg jelas ksimpulan admin lebih logis.

      Hapus
    13. coba deh tonton film pintu terlarang jokan, filmnya mirip kaya gini dan bikin aku ngeh kalo sakit jiwa/delusi itu emang bisa sekompleks ini. hehe cmiiw ya :)

      Hapus
    14. itu filem psycology tentang kelainan kepribadian. jaya setuju dengan admin

      Hapus
  2. Cerita film ini bisa ditafsirkan sebaliknya juga. Semua tergantung kepada penonton. Sudah banyak baca artikel tentang kesimpulan dr film ini dan aku lebih memilih yg ini.

    BalasHapus
  3. Namanya jg film mindblowing pantes lah semua binggung.. Dan membuat kesimpulan sendiri. Ya itu lah mindblowing .haahahah

    BalasHapus
  4. Kok gitu aih penjelasannya

    BalasHapus
  5. Berawal ketika dia naik kapal laut.Dia muntah krn liat air begitu byk kata si Teddy (Leonardo).Lalu dia keluar dan kaget ada org sdg berdiri lalu Teddy bertanya sp kau.Lalu Chuck menjawab aku rekan barumu.Lalu Teddy (Leonardo) mencari rokoknya disaku bajunya tp tdk ada.Lalu Chuck bilang bhw Teddy telah mengalami kejadian buruk oleh penjahat.Nah Chuck memberinya rokok.Nah ketika Teddy dan Chuck ada di bangsal C ktm dgn pasien brnm Gorge.Dia bilang ke Teddy kau dlm permainan.Dan memberitahu bhw pasien ke 67 ada di Merchusur.Kau disini sdrian.Kau takkan bs lari dr pulau ini.Dan begitu jg wkt ktm Rachel di goa.Dia bilang apa kau konsumsi sesuatu,Teddy menjawab ya obat Migrain.Wah gawat kata Rachel.Dan terbukti swkt bicara dgn pasien di meja makan (di awal cerita).Ada pasien yg menulis di kertas dgn kata RUN (lari).Knp dia tdk brani bilang RUN scra lsg, krn ada rekan Teddy ( leonardo) yaitu Chuck bersamanya.Nah obatpun makin bekerja sesuai kata Rachel di goa .. bhw obat halusinasi akan bekerja dlm 36 jam.Singkat cerita akhirnya Teddy pura pura gila dan mengaku nmy adlh Andrew bkn Teddy.Tp pada ending film.Teddy (Leonardo) bilang pada Chuck.Lbh baik mati menjadi orang baik drpd menjadi monster yg mengerikan.Dan misteri kehilangan pasien brnm Rachel pun sdh terbongkar oleh Teddy.Namun sayang Teddy hrs pasrah dibawa dokter ahli bedah kepala utk bahan percobaan sprti jaman Nazi.Mnrt sy Teddy tdk akan pasrah begitu saja.Pasti akan ada perlawanan.Namun krn Teddy sdrian maka pasti dia akan mati utk tutupi kebusukkan pihak RSJ di pulau tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok mantapp.. sama analisanya dengan saya hheee..

      Hapus
    2. Mantap sama setuju bgt drpd yg lainnya. Tp yg ak bingung chuck disini sebenernya siapa. Trus rachel solando yg ketemu sebenernya siapa kok diakhir dia malah jadi perawat. Brati sebenernya istrinya meninggal krn kebakaran? Trus siapa andrew laediss yg sebenarnya? Trus halusinasi yg bener yg mana? Dia menembak prajurit2 di dachau atau membunuh istrinya?

      Hapus
  6. Kok menurut saya, kalau sering nonton film ini, penontonnya juga bisa ikut gila

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha bener bgt, sya barusan nntn rasanya gila mikirin endingnya yg mana

      Hapus
    2. Jangan jangan. Kita semua bahan percobaaan :v wkwkwk ngakak

      Hapus
    3. Anjir ngakak gw wkwkwkwk

      Hapus
  7. Alurnya dapat dimengerti sesuai dengan sudut pandang kita masing-masing

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Teddy itu ga gila, kalian buka lg google, tulis shutter island sinopsis by joker. Disitu kalian nemuin fakta asli dr ni film

    BalasHapus
  10. Teddy itu ga gila, kalian buka lg google, tulis shutter island sinopsis by joker. Disitu kalian nemuin fakta asli dr ni film

    BalasHapus
  11. Teddy emng gk gila,karena dia udh tau kebusukan rs itu jadi di di bikin gila sma pihak rs.
    Dia ktmu sma Rachel Solondo di goa itu bnr2 trjdi, bkn hayalan dia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teddy itu g gila,tp berfantasi tingkat tinggi. Waktu bertemu Rachel Solando pertama kali di kamarnya. Sebenernya itu percobaan pertama yang "9 bulan" dipaksa dokter untuk mengembalikan ingatanya. Yang kedua di Goa,nah itupun juga perawat Achelift agar si Teddy penasaran dan terdorong pergi ke Merchusuar. Nah disana tes terakhir dilakukan,itu kesempatan terakhir dia...

      Hapus
    2. Teddy itu g gila,tp berfantasi tingkat tinggi. Waktu bertemu Rachel Solando pertama kali di kamarnya. Sebenernya itu percobaan pertama yang "9 bulan" dipaksa dokter untuk mengembalikan ingatanya. Yang kedua di Goa,nah itupun juga perawat Achelift agar si Teddy penasaran dan terdorong pergi ke Merchusuar. Nah disana tes terakhir dilakukan,itu kesempatan terakhir dia...

      Hapus
    3. Teddy itu g gila,tp berfantasi tingkat tinggi. Waktu bertemu Rachel Solando pertama kali di kamarnya. Sebenernya itu percobaan pertama yang "9 bulan" dipaksa dokter untuk mengembalikan ingatanya. Yang kedua di Goa,nah itupun juga perawat Achelift agar si Teddy penasaran dan terdorong pergi ke Merchusuar. Nah disana tes terakhir dilakukan,itu kesempatan terakhir dia...

      Hapus
  12. Setuju sama pemaparan dari penulis blog ini. Bahkan lebih terasa rasional ketika baca disini ketimbang tulisan lain hehe. Walaupun emang masih yg ada dua kemungkinan inti dari film ini. Tapi tulisan ini bisa mewakili pemikiran pertama dari film ini😊

    BalasHapus
  13. Masukkan komentar Anda...
    Ah ini jadi penafsiran dari sesama penonton ya
    Gag ada artikel lain yg dari sutradara pembuat flm

    BalasHapus
  14. Ada yg lebih parah dari ini.. Tonton primer... Ga cukup 2x masih juga belum ngerti. Kata sutradaranya kalo habis nonton primer langsung ngerti ada dua kemungkinan.. Kalo ngga jenius, dia pembohong

    BalasHapus
  15. Kuncinya ada pas diakhir film, waktu Chuck manggil "Teddy" pas sebelum dieksekusi.

    BalasHapus
  16. si Leonardo DiCaprio emang dijebak dan di brainwash sama Ben Kingsley(pemilik RSJ) dan Mark Ruffalo(yg jadi partnernya).

    ane juga waktu nonton sampe pusing dan awalnya mikir klo si leo emang sakit jiwa dan mengidap skizofrenia,tapi agak bingung yg pas dia ketemu dokter yg kabur itu di goa tebing,dia bilang kan klo sejak awal Leo itu "sendiri"(klo gak salah dia masuk goa gara2 nyari partnernya).trus si dokter nanya apa dia uda "dikasih" sesuatu sejak masuk ke shutter island dan ia memang sudah diberi rokok dan obat migran.

    di ending penonton emang seperti dipaksa "berpikir" klo si Leo memang menderita skizo dan suka menghayal alias gila.permainan detektif dan kejar2an penjahatpun seperti sudah diatur RSJ untuk pasien yg sakit jiwa.obat2 yg sudah diberikan itu memang membuat Leo berkhayal seperti kematian anak dan istrinya.klo ente jeli pasti dia juga sempet inget anak kecil perempuan yg tewas sebagai korban perang.pertanyaannya,si anak kecil dan istrinya selalu muncul dalam khayalannya,dan mereka juga muncul dalam bayangan ketika "keluarganya" terbunuh,kenapa yg disorot dengan jelas cuman si anak kecil sama istrinya aj?sedangkan anak laki2nya gak pernah disorot wajahnya?jawabannya gampang,karena sejak awal "kejadian itu"(keluarganya terbunuh) tidak pernah terjadi dan memang itu adalah pikiran yg coba ditanamkan oleh pihak RSJ.si anak perempuan dan istrinya terwujud nyata karena dalam ingatan Leo dia pernah bertemu dengan mereka sebelumnya sedangkan si anak lelaki tidak jelas rupanya karena memang tidak ada dalam memori Leo.

    sampe sini uda paham gan?
    klo mau lebih jelas lagi perhatiin aja kata2 si Leo di endingnya,si Leo bilang"yg mana yg lebih buruk?hidup sebagai monster,atau mati sebagai orang baik?".di endingnya dijelasin kan klo nama aslinya Leo adalah Andrew Laeddis,kenapa di akhir si Mark Ruffalo manggil dia dengan nama sebelumnya,Teddy Daniels(dia cmn manggil Teddy) dengan wajah yg bingung?itu karena dia tahu klo Leo tahu dia sudah dijebak oleh pihak RS di Shutter Island dan hanya bisa pasrah.

    Anyway film ini memang super membingungkan.mesti nonton dan pahami berkali2 baru ngeh klo endingnya kaya begitu.tapi setiap orang punya pendapat sendiri,ane cuman nuangin pendapat ane berdasarkan fakta2 di film.

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.kaskus.co.id/thread/50d46d900176080a66000021/ask-buat-yang-udah-nonton-shutter-island-dan-udah-ngerti-tolong-dong-gan/

      copas dari kaskus lu ye kambing ..
      gw masi nyari secret ending nifilm yg bener yg mana ..

      Hapus
  17. "he knows he is Laeddis and he knows he murdered his wife,but he doesnt want to live the rest of his life knowing that,so he chooses to pretend that his therapy didnt worked and everything started all over again in order to get lobotomized,its the only way to escape from his nightmares,thats why he says he "to die as a good man",his doctor understands that tho that he is cured,thats why he stands up calling him "Teddy" as he is going to get lobotomized"

    BalasHapus
  18. hri ini diskusi ttg film ini dilhat dr ilmu psikolg,, dr awal nonton emng kita diajak untuk mikir tpi pertngahn hingga akhir, bisa nangkap mksd ceritanya,, yup dia emng menderita psizofrenia dan istrinya sndiiri menderita maniak(mff kalau salah sebut namnya) dan depresi, selnjutnya sdh dijelaskan dengn sngt baik diatas mengenai cerita film ini,,,
    Salam psikologi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya film ini kereenn,,,,nambah ilmu ttg istilah2 bru dalam psikologi, dan prktk penyembuhan baru untuk orng yg mengalami kejiwaan....mksih gak nyesal lha nonton ini

      Hapus
  19. rachel salando itu hanya hayalan doang, ingat saat si rachel bilang kalo si teddy bakalan lumpuh karena obat dan rokok yang dikasih ke tubuhnya tapi dia akhir film membuktinya si teddy baik” saja . intinya si teddy bener” gila dan ingin di sembuhkan oleh pihak shutter island. di akhir film juga menunjukan bahwa teddy siap untuk di eksekusi mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan di eksekusi mati bambang!
      ente blm paham maksud film apaan? tahun 1950 ada namanya praktek "LOBOTOMY"
      yg diteruntukan pengidap penyakit jiwa kronis .Pencetus lobotomi adalah Edgar Monis yang sempat berkesimpulan bahwa masalah kejiwaan bersumber dari lobus frontal (salah satu bagian di otak). Dan satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan menghancurkan bagian tersebut. Dokter memasukkan alat medis, ke dalam rongga mata untuk memotong saraf bagian depan otak. Pemecah es adalah alat yang paling sering digunakan untuk metode ini.

      Awalnya lobotomi berhasil memberikan kesembuhan untuk para pasien. Namun setelah sukses dan dijalankan banyak orang, baru terungkap bahwa dalam jangka panjang, pasien akan mengalami kelumpuhan permanen , kan uda dblg rachel di goa .

      Di bawah ini kesimpulan saya :
      1. Yang anda lihat sejak awal bukanlah khayalan, ingat Dr.Cawley mengatakan pada akhir saat mereka bicara di Mercusuar bahwa ini adalah suatu program terapi yang berbentuk role play, di mana si pasien dibiarkan menjadi tokoh dalam khayalannya yaitu dalam hal ini adalah Deputy Marshall

      2. Bila Dr.Cawley berhasil, maka dia akan melepaskan Andrew Laeddis si pasien dari suatu upaya operasi Lobotomy, suatu teknik operasi yang dipakai untuk membuat pasien skizofrenia yang agresif menjadi tenang namun tidak mempunyai rasa sakit lagi (ingat dialog ini bukan)

      3. Semua pihak membantu dalam hal ini sehingga, saya sempat bertanya-tanya apakah pasien wanita yang hilang Rachel (nomor 1 yang muncul pertama kali) apakah termasuk dalam peran ini juga karena dia tentunya pasien. Namun bila dilihat ketika perbincangan tokoh utama dengan George Noyce, sepertinya untuk pasien tidak ada yang bermain peran, semuanya memang seperti apa adanya mereka

      4. Adegan yang hanya melibatkan tokoh utama saja dengan lawan main yang pada akhirnya kita ketahui bukan Dokter (Chuck) atau sipir bisa dianggap sebagai suatu halusinasi dan delusi. Misalnya adegan bertemu dengan Rachel asli di gua.

      intinya dalam adegan terakhir, gelengan kepala Dr (Chuck) adalah pertanda bahwa Ted Daniels alias Andrew Laeddis belum sembuh dan segera harus di LOBOTOMY .

      dan di tahun 1980 praktek lobotomy dilarang keras di gunakan lg dlm dunia medis. karena sudah muncul beberapa obat yg bsa dblg hanya smentara menyembuhkan seperti antidepresan ,antipsikotropik dll .

      dan beberapa yg saya heran ,
      saya tetep tim tedy yg di brainwash oleh pihak RSJ utk menyembunyikan sesuatu.
      karena ada pasien yg nuruh dia "RUN"
      trs percakapan soal rachel di goa ( saya yakin itu bkn delusi )
      dan scene terakhir, kenapa chuck manggil dia ted ?

      Hapus
    2. Anjir nyeplak di kompasiana ko kan

      Hapus
  20. Kalian melewatkan saat teddy dan chuck terjebak badai di dalam rumah kosong,pembicaraan mereka ada kaitan nya dengan istri Andrew Laeddis,disini chuck seperti memancing sebuah logika

    BalasHapus
  21. Teddy ga gila,dia memang dijebak oleh si dokter agar tidak berhasil mengungkap apa sebenarnya yang terjadi di dalam rumah sakit tersebut.

    Waktu dari awal Chuck sebenarnya memang orang yang disusupkan untuk menjadi rekan teddy, dari awal Teddy memang sudah dibawah pengaruh obat yang diberikan melalui Chuck lewat rokok yang dia kasih, Chuck sebenarnya udah kasih tau di awal kalau bisa saja saat teddy ingin selidiki Andrew laedies ada pihak yang menyelidiki teddy juga, ini sebenarnya untuk mengecoh teddy, dia berikan cerita asli berharap cerita asli itu ditolak oleh teddy, dan benar teddy ga percaya omongan Chuck kalau ini lebih dari sekadar kebetulan.

    Pasien yang wawancara sama dia menuliskan kata run ke teddy namun sebelum dia tuliskan dia suruh Chuck ambil air supaya Chuck ga tau tulisan rahasia itu karena feeling gua si pasien udah tau kalau Chuck itu orang pihak rumah sakit, sayangnya teddy kasih tau ke Chuck karena teddy percaya.

    Pertemuan dengan rachel solando asli di gua itu adalah kejadian nyata, apa yang dibilang rachel itu benar bawah dia dalam pengaruh obat melalui rokok dan obat migrain.

    Cerita bahwa istri teddy mati karena asap adalah cerita yang asli, sedangkan halusinasi istri dia menenggelamkan ketiga anak itu ga pernah terjadi, anak yang dia lihat itu sebenarnya adalah korban dari kekejaman nazi di camp konsentrasi, yg akhirnya masuk ke dalam halusinasi dia yang dia anggap anak yang dibunuh sama istrinya, makanya wajah kedua anak yg lain ga muncul sebab dia hanya perhatikan detail wajah anak kecil yg mati di kamp konsentrasi.

    Di akhir Ted harus berpura-pura mengakui kalau dia emang gila karena dia ga punya chance untuk kabur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini gw setuju . masi banyak yg belum paham ama ceritanya . pada ngira tedy gila, dan di eksekusi mati dlm mercusuar .

      Hapus
    2. Nah iya setuju, kalo misalnya yg nengelamin anak anak yg 3 itu di danau adalah istinya si Ted,harusnya pas awal awal halu dia di halusinasi nya si Ted si anak itu harusnya tergambarkan. Lah ini 3 anak itu ga pernah tergambarkan secara jelas yang ada cmn si anak cewek yang sebenarnya cuman bayangan pas perang.

      Hapus
    3. Point bahwa si Teddy dari awal emang tidak gila
      1. banyak diperlihatkan scene yg flashback ke zaman nazi dan waktu dia masih jadi prajurit perang dan dan usul tempat tersebut
      2. pasien lain yg nulis "RUN" untuk nolong teddy dari tempat tersebut
      3. dibuat perbincangan hilangnya rokok di baju teddy waktu di awal di kapal ferry
      4. klo diperhatikan ada scene staff rs yg ngasih baju ganti waktu beres badai, lalu ngasih rokok ke chuck bukan ke teddy dengan wajah mncurigakan.
      5. adegan di goa adalah asli, karena menurut gua kalau si teddy delusi pasti pake efek2 filter tertentu pas delusinya

      Hapus
    4. Pemikiran saya setuju bgt sama yg ininih, tapi sebenernya masih ada bbrp hal yg bikin bingung. Misalnya pistol nya teddy yang untuk nembak itu kok gabisa bisa? Padahal itu bener miliknya kan?

      Hapus
  22. 2019 orang masih memperdebatkan nya :v

    BalasHapus
  23. Teddy gak gila... pertimbangannya:
    1. Istrinya mati terbakar bukan terbunuh oleh pistol
    2. Teddy tak punya anak, anak perempuan yg dilihatnya adalah korban perang
    3. Wajah 2 anak laki2 yg mati tidak diperlihatkan karena tak ada memori akan hal itu
    4. Semua halusinasi datang dan pergi secara tiba2 (ex: Istri teddy), berbeda dengan noyce (di penjara) & Rachel (di Goa)
    5. Pasien wanita yg memberi pesan RUN pada Tedy
    6. Chuck memanglah dokter Sheehan dan bukan marshal (polisi), terbukti saat ia kesulitan mencabut pistol di adegan awal
    7. Analisa Rachel tentang rokok dan obat2 yg diberi kepada teddy sbg pemicu delusi semakin parah adalah fakta... terdapat perbedaan penggambaran antara delusi yang muncul (muncul dan pergi seketika dan disadari oleh tedy), memori traumatis tedy (berupa ingatan dimasa lalu) dan realita (digambarkan berlawanan dengan delusi) ... Hal itu diperkuat oleh pernyataan noyce dalam penjara ("mereka mulai bermain2 dalam pikiranmu)
    8. Adegan akhir dimana chuck/sheehan menggeleng kepala bukan berarti laeddis belum sembuh, namun bermakna Teddy belum berhasil dipengaruhi menjadi gila (dibrainwash sbg laddies si pembunuh) kemudian perawat datang dengan peralatan medis pembedahan otak (labotomy)...
    9. Di awal wajah kepala sipir memgingatkan tedy akan laeddis (botak dengan wajah penuh luka)... disebutnya "seperti penjahat perang"... tentu ada kaitannya pula dg dokter yg fasih berbahasa Inggris namun orang Jerman (dimana tedy pernah memiliki memori buruk akan pembantaian orang2nya)...
    10. Pernyataan Ben Kingsley si dokter botak (lupa namanya) yg bilang kalo tedy udh 2 tahun, 9 bulan yg lalu pencapaianmu sudah seperti ini, memberi kertas yg bertuliskan the law 4 dan who is 67 dengan tempat yg mudah ditemukan oleh tedy, dan diakhir cerita digunakannya sbg mind twist bahwa tedy selalu menyebut 4 nama dg variasi (anagram) yg berpola dan mengarahkannya untuk mengakui dialah pasien ke 67 dg deskripsi palsu yg sebelumnya sengaja telah dibawa2 oleh chuck, padahal dimalam sebelumnya tedy telah mendengar pembicaran para dokter bahwa total pasien berjumlah 24 dibangsal A dan B serta 22 dibangsal C (total 66)... Jadi secara tidak sengaja pasien ke 67 yg dicari teddy justru diarahkan oleh pihak RS sebagai dirinya. (Namun di poin ini juga dpt berarti sebaliknya yaitu tedy adalah laddies yg menuduh Rachel Solando sbg pasien ke 67, karena jika film ini dibuat tanpa mind blowing dengan ending hanya perspektif Dr Ben Kingsley dan Dr Sheehan maka tuduhan pasien ke 67 adalah rachel solando hanyalah delusi tedy, sekalipun ini sudah dibantah dlm poin 4)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada scene leonardo interogasi di kamar pasien (setelah dia kehujanan dan mulai pakai baju putih), pasien perempuan (lupa namanya) lalu mengaku kalau dia bunuh anak nya dan menghanyutkan anaknya ke danau, lalu dia meluk si leonardo sambil bilang "aku juga memikirkanmu" dan ternternyata dia bilang "kau bukan siapa siapa!" (dia dorong leonardo)
      dari situ dimulai brainwash leonardo tentang anak anak yang hanyut di danau.

      Hapus
    2. Sangat setuju dgn pernyataan ini, tedy itu gak gila. Dia mmg di buat halu dgn obat2an yang dikasih kayak kata cewek yg dlm goa. Kata kuncinya mnrt gw ada di akhir cerita waktu tedy bilang "lebih baik hidup sebagai monster atau mati sebagai anak yang baik?"
      Stlh itu dia datangi para dokter buat di op, dn kayanya bakalan mati. Sdgkan temenya dn dokter2 yg lain bakalan ttp idup tapi jd monster yg busuk jahat dn ga ada otak

      Hapus
    3. Saya termasuk orang setuju dengan plot ini sih. Tp masih ada bbrp hal yg mengganggu. Misalnya pistol nya teddy yang untuk nembak kok gabisa bisa itu kenapa ya? Padahal itu pistol dia asli kan, sesuai ciri yang dia ingat(?) Dan misalkan teddy akhirnya berhasil dicuci otaknya, dan chuck mengangguk bukan menggeleng. Berarti dia nggak bakal jadi di bedah otaknya dan berakhir menjadi pasien rsj itu kah??

      Hapus
  24. menurut analisis saya, selama 4 tahun saya analisis bahwa semua yang main dalan film shutter island itu semuanya gila, yg waras cuma 1 yaitu nahkoda yg membawa teddy dan dan mitranya ke pulau itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok bisa semua nya gila...? Mitra leonardo gila juga?
      Terus yang bersihin rumah sakit jiwa nya gila juga? rumah sakit nya itu terawat sekali bro. Bersih

      Hapus
    2. Menurut annalisis saya yang telah lakukan selama 10 tahun, tidak ada yang waras pada film itu, Mulai dari karakter utama, hinggak orang2 di RSJ itu,(metodenya gila) dan setelah 10 tahun saya analisa, akhirnya saya dapat kesimpulan bahwa itu semua adalah delusi si nahkoda di awal film. Sekian terimakasih

      Hapus
  25. Tolong ya, otak saya udah mulai halu , gara - gara mikirin nih film . Hati - hati gaes nanti kita juga delusi takutnya wkwk. There is so many people different views about this film, i'am confused i don't know what views i can believe . But, i also don't know wkwk .

    BalasHapus
  26. intinya, dalam film ini psikologi dapat dijadikan alat untuk merusak fisik terutama psikis seseorang. Psikolog dan psikiater yang tidak berpedoman pada etika profesi dapat menyalahgunakan ilmunya untuk kepentingan atau melindungi kepentingan tertentu. Ingat psikiater dan psikolog yang tidak prosfesional "karma is real". imho

    BalasHapus
  27. Baca tulisan-tulisan diatas semakin memperparah otak sayahh...🤪🤪

    BalasHapus
  28. Lama lama jd gila beneran nih 😂

    BalasHapus
  29. Saya baru nonton dan ini film pertama yg buat otak saya jadi halu,

    BalasHapus
  30. Intinya cuma 2, antara si leo gila atau dia di buat gila

    BalasHapus
  31. Komentar rata2 melewatkan bagian ini. Anak buah mu terlihat sangat tegang tuan mcpersen. Saat ini kami semua merasa tegang marshall. Di jaeab tuan mcpersen. Ada kah yg mengerti atau yerlintas di pikiran kalian kenapa ada scene dialog ini.. Itu karna memang benar si teddi itu gila. Jd semua sipir disana merasa takut dengan si teddi.. Karna si teddi pasien palinh berbahaya do rsj itu. . . Dengan itu saya setuju dengan admin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mnrt gw mereka tegang bukan karena tedy gila, tp karena mereka mmg tau kalo tedy kesana buat memecahkan kebusukan itu rumah sakit, dan memang gaada yg bisa keluar dri pulau itu setelah disana mangkanya semua selalu nurut

      Hapus
    2. Espemikrian :D saya sudah mulai gila

      Hapus
    3. anda salah, kalo dia bener gila, buat apa senjata disita, karna itu cuma maenan wkwk

      Hapus
  32. ini semua membuat aku pusingg
    mending aku nonton bokep aja deh, berhubung ga punya pacar terpaksa deh mainnya pake jari

    bye bye...

    BalasHapus
  33. Jadinya malah pusing habis nonton part 1 ini apalagi yang part 2 🥺🤣😂

    BalasHapus
  34. Anj(uwu) 2019 masih debatin ni film :'''D

    BalasHapus
  35. Aku baru nonton, dan debat sama suami ������

    BalasHapus
  36. otak gua di bikin bingung gara2 nonton film ini...

    BalasHapus
  37. Teddy bukan sembuh dr penyakitnya.. Tapi di ending dia sadar kalau selama ini dia menyelidiki kasus ini "sendirian" ,tidak bisa keluar dari pulau tsb krn orang2 di shutter island sudah dipersiapkan. Makanya dia menyerah dan memilih utk dilobotomy..

    Kuncinya ada di percakapan terakhir, waktu dia bilang "Mati sebagai orang baik atau hidup sbg monster?" maksudnya monster itu adalah mereka yg tinggal di Shutter Island.

    Pasien2 di shutter island otaknya sudah disetting agar ucapan mereka sesuai dengan dokter clawny.

    Sama halnya dgn Teddy yg diseeting agr sesuai dgn cerita si dokter, traumatiknya hanya alat utk memunculkan delusi sehingga Teddy tdk bisa membedakan nyata dan delusi.

    Rachel dan Leddies adalah delusi.

    Teddy sempat pura2 menjadi Andrew, menjadi seseorang yg masalalunya telah disetting oleh dokter.
    Namun di ending, Andrew memilih kembali menjadi Teddy yang ingin memecahkan kasus agar dilobotomy.

    Dan makna gelengan kepala Chuck di akhir adalah utk segera melobotomy Teddy krn setting otaknya gagal. Padahal Teddy sendiri yang telah memilih utk dilobotomy krn ingin "mati sbg orang baik daripada hidup sbg orang jahat"

    Percakapan Chuck dan Teddy di gubuk saat hujan badai adalah kunci dari cerita ini juga. Bahwa Teddy sengaja didatangkan ke pulau tsb agar tidak membuka rahasia.

    Chuck adalah psikiater, terbukti saat dia tidak mahir mengambil pistol dari pinggangnya.

    Obat2n dan rokok sudah diberikan saat Teddy masih di kapal Feri. Terbukti saat di kapal itu rokok Teddy hilang dari sakunya.

    BalasHapus
  38. Setelah saya tonton teliti dgn mengulang adegan2 dgn dialog yg saya anggap penting saya setuju dgn admin.

    BalasHapus
  39. Udah nih gak di bahas lagi wkwkwk

    BalasHapus
  40. Awal nonton saya sepemikiran sama alfian hidayat , namun setelah nonton sampai akhir saya jadi sepemikiran sama admin , sering sering nntn film gini kita yg gila haha , namun ending nya tak tau dia di eksekusi mati atau dijadikan bahan percobaan

    BalasHapus
  41. Ayo dunk dilanjutkan. Semakin seru

    BalasHapus
  42. Gw bingung dan milih ngocok hehe...

    BalasHapus
  43. Ehh nyasar disini. Saking penasaran dengan endingnya. Terserah pilih versi menurut masing2 orang. Aku sih pilih apa kata si Admin

    BalasHapus
  44. JADI INTINYA MARSHAL TEDDY DANIELS ITU GILA BENERAN UDAH GAUSAH PADA DEBATIN, ORANG YG BILANG SI SUTRADARANYA SENDIRI, POINTNYA DI KATA2 TERAKHIR LEBIH BAIK HIDUP JADI MONSTER ATAU MATI JADI ORANG BAIK👍🏻

    BalasHapus
  45. DIA ITU NGAK GILAA,, KLAU PUNYA SKIZOFERNIA YAAA TINGAL DI OBATI,, NGAK USAH PAKAI PEMBEDAHAN OTAK,, KALAU GILA YAA TINGAL PILIH RUMAH SAKIT JIWA,, TAPI ANEHNYA NGAK BOLEH KELUAR,, KAN ADA BANYAK RUMAH SAKIT JIWA BUKAN ITU AJA,, PENGOBATANYA JUGA TIDAK MANUSIAWI

    BalasHapus
  46. Teddy dijebak...
    Suka2 penonton ngartiin ni film

    BalasHapus
  47. makin mumed membaca pendapat" yg lain haha

    BalasHapus
  48. Mantab emang ya ini film, tapi pada nyadar gak sih waktu si perempuan yang ngasih tulisan run itu, dia minta minum kan, nah waktu gelasnya datang, dia itu minum tapi gak pegang gelasnya, dari kemaren gak ada yg bahas scene ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kira hanya saya yang menyadarinya, ternyata anda jg...

      Hapus
  49. Film ini emang membuat kita berpikir keras sih, maka nya banyak yg menyimpulkan hal yg beda", apapun itu pendapat kalian tetep aja film nya luar biasa.

    BalasHapus
  50. MENURUT SAYA, KUNCI DI FILM INI ADALAH TONE FILM, WARNA FILM DAN INSTRUMEN MUSIK FILM. TONE/ NADA FILM SUDAH JELAS ANEH. WARNA FILM NYA SUDAH JELAS DARK. INSTRUMEN NYA SERAM LAGI. JADI SAYA BERKESIMPULAN KEPALA RUMAH SAKIT NYA JAHAT DAN DOKTER2 DI SANA BEKERJA SAMA KARENA DOKTERNYA MENDAPATKAN UANG.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo memang si leonardo gila dari awal, tone, warna dan musik film jangan di bawa kearah dark dong. Terus apakah terlalu berbahaya orang gila tidak bersenjata hingga rumah sakit harus merantai tangan dan kaki nya?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Obat2 memang menghasilkan efek halusinasi bila di pakai berlebihan. Seperti narkoba mungkin

      Hapus
    4. Menurut saya, leonardo adalah polisi yang baik dan tidak bisa di suap oleh Kepala Rumah Sakit Jiwa (RSJ). Kepala RSJ khawatir leonardo akan membongkar perbuatan keji Kepala RSJ. Seperti penyiksaan terhadap pasien. Bilamana Leonardo dapat membongkar kekejian Kepala RSJ, kemungkinan Kepala RSJ akan di ganti dan di pecat. Sehingga Kepala RSJ menggunakan ilmu nya untuk mempengaruhi pikiran Leonardo yang mana memang memiliki trauma setelah perang dunia 2. Kepala RSJ pun mengarang cerita polisi nya menjadi gila karena masa lalu yang buruk nya. Sehingga bukanya memecahkan misteri. Malah leonardo jadi pasien baru. Pasien ke 67

      Hapus
  51. Betul banget dari awal kita sudah diperlihatkan bahwa penjaga sangat ketat melihat dya begitu mengawasi, dan pada saat pencarian para penjaga malah bersantai2 tidak serius melakukan pencarian, karna itu hanyalah halusinasi nya yg berperan sebagai detektif.

    BalasHapus
  52. Saya merasa akan gila.. Jika terus nonton film ini

    BalasHapus
  53. Filmnya bagus itu ga harus keluaran tahun terbaru.

    BalasHapus
  54. Setelah saya menonton film ini 4x akhirnya saya menyadari kalo si Teddy ini tidak Gila, kalian melewati sesuatu kecil namun sebenrnya bisa jadi bukti besar, saat Teddy interview seorang pasien perempuan yg meminta chuck membawakan segelas air. Teddy bertanya "tolong deskripsi kan bagaimana wajah Dr Sheehan ini?" Dijawab wanita itu, namun kalian harus detail lihat adegan itu kalo perlu diulang terus menerus, karna saat ditanya untuk deskripsi kan dr sheehan, mata dia(wanita) melihat ke arah chuck alias dr sheehan sbnrnya, karna mendeskrispikan seorang namun sbnrnya orang tersebut ada didekat situ, mata tidak akan bisa berbohong. Dan 1 lagi, wanita itu menyuruh teddy untuk lari (Run) karna itu semua pasien disitu sudah diubah, untuk Rachel yg ada digoa itu adalah asli dan benar, karna 1 1nya manusia yg waras disitu selain teddy adalah dr rachel tersebur oleh karna itu dia kabur dan dr botak(ben kingsley) membuat pasien lainnya sebagai rachel agar mengelabui teddy seakan rachel udh kembali ke rs itu.

    BalasHapus
  55. pemikiran gw sih si teddy emg bner dibikin gila. dia sadar gk bisa kluar dr Ashecliffe makanya cm bs pasrah. di akhir crita kta2 si teddy itu buat nyindir si chuck.

    BalasHapus
  56. Aku yang nonton Shutter Island . dua kali, bingung dengan sifat Teddy. Apa sebenarnya dia pasien di RS itu? Karena yang kutangkap adalah mungkin si Teddy ini berkepribadian ganda. Thanks

    BalasHapus