my google

Jumat, 23 September 2016

Maksud dari film Mr Nobody (2009)

 

Apakah setelah menonton film ini anda jadi bingung? Mari kita bahas apa maksud dari film ini. 

Mr. Nobody mengisahkan tentang seorang laki-laki tua bernama Nemo Nobody (Jared Leto) yang sudah berusia 118 tahun di tahun 2092. Nemo adalah satu-satunya manusia yang masih bisa tumbuh secara normal. Karena di tahun 2092 semua manusia sudah bisa hidup abadi berkat bantuan teknologi super canggih. Suatu hari Nemo di wawancarai oleh seorang wartawan mengenai masa lalunya. Nemo pun menceritakan masa lalunya itu, salah satunya adalah mengenai bahwa Nemo yang menikah dengan tiga wanita; Anna (Diane Kruger), Elise (Sarah Polley), dan Jean (Linh-Dan Pham). Tapi dalam wawancaranya ada beberapa hal yang aneh, bahwa seseorang tidak mungkin bisa berada pada tiga keadaan sekaligus dan di akhir ceritalah kunci dari semua cerita yang kita tonton selama hampir dua jam ini terungkap.
Pesan dan kunci dari film ini adalah :
You have to make a right choice. As long as you don’t choose, everything remains possible.” 
(Kamu bisa mengambil pilihan yang benar. Selama kamu tidak memilih, semua kemungkinan bisa terjadi)

Sebenarnya film ini menceritakan sebuah anak yang bernama Nemo yang memiliki kemampuan melihat masa depannya. Tapi pada akhirnya dia mendapatkan suatu situasi dimana kedua orang tuanya bercerai dan dia harus memilih mengikuti ayah atau ibunya. Dengan kemampuan yang dia miliki dia bisa melihat apa yang terjadi pada dirinya yaitu :

1. Mengikuti Ayahnya
Maka dia akan hidup bersama ayahnya sambil mengurus ayahnya yang mulai melemah dan bertemu dengan Elise yang mencintai orang lain. Di sini ada banyak versi kehidupan yang dia jalani. Saya akan membahas tiga saja.
Kehidupan cinta Nemo akan kacau karena cintanya yang bertepuk sebelah tangan karena penolakan yang dilakukan Elise, dengan penuh depresi akhirnya dia menikahi wanita yang dia ajak berdansa saat pesta kelulusan. wanita itu bernama Jean dan dia berjanji akan membuat Jean bahagia dan kaya raya. Setelah semua pencapaiannya terwujud dan menjadi kaya raya tetap hatinya merasa hampa dan dirasakan juga oleh Jean. Akhirnya Nemo memutuskan pilihannya pada mata uang logam yang pada akhirnya membawa dia pada kematian di tembak di bak mandi dan tubuhnya di buang ke hutan.
-Dengan kemampuan melihat masa depan dia pun mampu menikahi Elise. Tapi baru menikah mobil yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan dimana terjadi ledakan truk pembawa BBM yang menewaskan Elise. Dengan meninggalnya Elise Nemo harus menepati janjinya untuk membawa abu Elise ke Mars, dalam perjalanan hidupnya dia bertemu dengan Anna cinta pertamanya tapi saat itu Anna sudah menikah dan memiliki anak dengan rekan satu kantor dimana rekannya itu tewas dalam kecelakaan mobil yang bisa saja terjadi pada dirinya. Dalam versi kehidupan ini Anna tidak memiliki rasa cinta pada Nemo dan pada akhirnya dia akan hidup lama yaitu sampai berusia 118 tahun di versi kehidupan ini lah Nemo tua ada.
-Jika kematian Elise dia hindari Maka dia akan memiliki anak tapi Elise menjadi depresi karena cintanya pada laki-laki lain itu tidak bisa hilang dan pada akhirnya Elise meninggalkan Nemo bersama anak-anaknya dan bekerja sebagai tukang cukur sambil memegang foto laki-laki yang dia cintai.
2. Mengikuti Ibunya
Jika Nemo mengikuti ibunya maka dia akan bertemu dengan Anna yaitu anak dari laki-laki yang di cintai oleh ibunya. Nemo dan Anna pun saling mencintai hubungan mereka akhirnya di ketahui oleh kedua orang tua mereka dan akhirnya mereka memutuskan untuk berpisah. Nemo dan Anna pun berjanji bertemu setiap hari minggu di taman dekat merjusuar. Penantian berat Nemo menunggu Anna walaupun akhirnya mereka bisa bertemu juga.

Tapi pada kenyataanya Nemo tidak memilih ibu atau ayahnya dia lari kehutan. Tidak ada penjelasan pasti jalan hidup apa yang dia akan pilih. Dengan keputusan itu semua kemungkinan kehidupan yang akan dia jalani menjadi musnah dan balik lagi kembali beserta waktu. yang ada hanyalah sesuatu yang kita tidak tau pasti. Tapi Nemo tua di akhir hidupnya menyebutkan satu nama yaitu Anna.

Karena kita tidak bisa seperti Nemo yang bisa melihat masa depan maka itu saat di hadapi suatu pilihan pertimbangkanlah dengan sebaik mungkin bisa saja pilihan itu akan membawamu pada kisah cinta, menjadikanmu kaya raya, bahagia, sedih bahkan bisa membuatmu mati. Jika anda sudah memilih, jalanilah hidupmu tanpa penyesalan karena waktu tidak akan kembali lagi dan masa lalu hanya bisa di kenang. Dan jika anda belum memilih maka semua pemungkinan itu masih bisa terjadi. Tidak seperti Nemo tua yang dengan bahagianya melangkah mundur seiring waktu dan memiliki kesempatan untuk memilih pilihan yang benar.

Begitulah maksud cerita yang bisa saya tangkap dari film ini walaupun masih banyak hal dan versi kehidupan yang tidak saya bahas... seperti kehidupannya dengan pakaian yang seragam hal itu sangat minim di jelaskan di dalam film maksud dan tujuannya. Semoga ini bisa membantu bagi temen-temen yang bingung setelah menonton film ini.

12 komentar :

  1. Berarti, sepanjang film yg dia ceritain itu gk pernah terjadi??? Hadehhhhhh -__- kamprettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu masalahnya kalo gak pernah terjadi kenapa nemo tua nyebut nama "ANNA" di akhir hayatnya???

      Hapus
    2. menurut ane sih karena si nemo menemukan momen - momen yang menarik dengan si anna, meskipun itu hanya sebuah prediksi dari si nemo itu sendiri.

      Hapus
    3. ngga gitu juga, emang itu ngga pernah terjadi, tapi pas diakhir scene kan ceritanya dia ngerasa waktu itu mundur, tapi itu ngga bener bener mundur. Inget kan pas ada scene di menit2 akhir? yang kata si dia berhenti di persimpangan kereta api, terus kehutan niup daun? itu yang bener2 terjadi.

      Hapus
  2. Sebenernya masih nyata sebelum dia di suruh nentuin pilihan untk melih orang tuanya. Karna dia bingung makanya dia mencoba melihat masa depan dengan kekuatanya,dan di masa depanya satu satunya yang membuat ia bahagia adalah anna makanya saat ia kembali ke masa yg asli ia memutuskan ga milih dua2nya dan hanya akan mengejar anna karna apapun bisa terjadi sebelum kita memilih,dan dia memilih anna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kurang lebih seperti itu, bahkan jika film ini ingin dilanjutkan lebih bagus sih, karna kisahnya baru mulai setelah ia mengambil keputusan untuk tidak memilih ikut dengan ayah ataupun ibu👍👍

      Hapus
    2. Iya bener ya...semoga ada klanjutan nya.

      Hapus
  3. Baru paham setelah baca komen di atas

    BalasHapus
  4. Yang di mars juga dia ketemu anna kan? Yg kena meteor. Itu di cerita ngikutin bapak nya dan elise meninggal.

    BalasHapus
  5. Ngebingungin yaa ceritanyaa haha..
    Pas ditengah2 film paham alurnya, dan penasaran sbnrnya kehidupan realnya yg mana? Ehh malah gak diceritain..

    Itu yg di akhir scane ada cewe di danau itu anna kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mnurut gw kehidupannya gak ada yg real setelah ortunya nyuruh dia untuk milih ikut dg siapa (di stasiun).

      semua alternatif yang diceritain sama si nemo 117 tahun itu ngga ada pernah terjadi. inget kan pas nemo tua bilang ke jurnalis yg lg wawancarain dia "kita ini tak nyata, kita hanya hidup di kepala anak 9 tahun". dan juga ada scene dimana 'peri penghilang ingatan' melewatkan nemo.. nah itulah penyebab dia bisa melihat semua kemungkinan dalam hidupnya.

      yap di ending ketemu anna di danau. (rambut anna selalu dikepang)

      Hapus